Pengalaman hari pertama sekolah kakak Aufa di Edinburgh, United Kingdom

Hari ini tepat 4 bulan kami tinggal di Edinburgh, menemani babanya anak-anak kuliah di sini, memanfaatkan waktu luang, saya sedikit ingin share bagaimana nyari sekolah dan pengalaman sekolah hari pertamanya kakak aufa di Edinburgh.

Nyari sekolah anak di LN gmn sih? sama g kaya di indo?
Mungkin tergantung negara di mana kita akan tinggal kali ya 

Jujur sebelum berangkat ke sini, saya dan suami dh cari-cari info buat sekolah anak, tanya-tanya ke temen yang ada di negara tempat saya skrg tinggal, walaupun kata temen-temen untuk sekolah anak di UK itu g ribet syarat-syaratnya, tetep aja kita sebagai emak kan was-was y.., apalagi anak saya dah SD kl msh TK mah nyantai hihi.

Ketika suami dah berangkat duluan ke sini, saya tetep ngotot meminta suami untuk tanya-tanya ke sekolah, saya khawatirnya ada syarat atau dokumen yang mesti di urus ex. riwayat imunisasi kaya d beberapa negara dimana temen-temen saya tinggal, berabe soalnya kalau mesti ngurus dokumen antar negara.

Setelah 2 bulan suami tinggal di sini, saya dan anak anak nyusul, ketika sampai.. yang saya bahas pertama sama suami adalah sekolah anak (teteeep emak2 rempong hahaha) padahal bapak2 sih biasa aja, santai.. hihi.

Seminggu di sini menurut kami sudah cukup buat penyesuaian terutama jam tidur, makan dan lain2, mulailah saya ngajak suami untuk hunting sekolah, dan ternyata.. kata suami di sini itu beda g kaya di indo, kita sebagai orang tua nggak perlu rempong bin ribet nyari sekolah buat anak, kita akan di rekomendasikan oleh city council, sekolah2 terdekat dari tempat kita tinggal, nnti mereka akan ngecek kuota, kl ada seat kita tinggal bawa passport, dan dokumen2 lain ex bill gas atau dokumen yg menyatakan kita tinggal di sekitar sekolah tersebut, beres deh.. hanya butuh menunggu 1 minggu anak kita dah bisa masuk sekolah. 

Satu minggu setelah pendaftaran tibalah saatnya kakak aufa masuk sekolah, walaupun anak2 dah tebiasa pindah2, terutama kakak aufa yg seragam TKnya aja punya 4 haha, tetep aja perbedaan bahasa membuat kami sebagai oang tua khawatir, khawatir dia nangis karena g ngerti apa yang di omongin guru ataupun teman temannya di sekolah.

1 jam.., 2 jam.., dan seterusnya sampai tiba saat pulang, saya jemput (karena babanya kebetulan ad kuliah) dengan perasaan was was, takut anaknya nangis dan g mau ke sekolah lagi. Setelah kakak aufa keluar, dengan nada excited emaknya betanya (baca: menyembunyikan perasaan was-was hihi) me: kakak, how was your school today? kakak: I'm so happy mom, I have many friends and I hv best friend, his name is jason. me: so amazing dear, then.., how did u introduce ur self? kakak: I stand in front of my friends and I told them, my name is aufa, I'm indonesian and I like football. (introductionnya dah latihan ma emaknya ne sebelum berangkat ke sekolah haha)

How amazing children, they even can adapt quickly despite they speak with different language..

it was his 1st day starting school since a week we arrived in Edinburgh

Comments

  1. Saya kok terharu ya mbaa, bacanya Aufa hebattt :). Tulis terus ya Mba cerita2 tinggal di Edinburg :)
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mba dila unt supportnya, iya in sya Allah mau nulis lbh banyk lagi tentang Edinburgh, mesti banyak belajar ne ma senior2 blogger kaya mb dila
      Salam kenal juga :*

      Delete
  2. saya suka cerita2 ttg merantau ke LN, thats my dream too. mba, utk mempersiapkan anak sewaktu2 tinggal di LN, pengenalan bahasa inggris/asingnya gimana ya? kalaupun blm bs bahasa asing bagaimana adaptasinya disana?
    ya yaa... in case someday i will get my dream comes true hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. I wish your dream also will come true mba tia, we never know our destiny, just keep pray n take more effort.
      Anak-anak kenal bahasa inggris sebelumnya hnya lewat buku cerita yg kita bacain aj mba, itu pun g semua buku2nya pke bahasa inggris hnya beberapa, kl anak pertamaku plus tambahan bahasa inggris di sekolah di indo, kl yg kedua blom sama sekali. Bru bbrpa bulan sebelum berangkat kami mulai intens mengenalkan bahasa inggris lewat conversation pake bhs inggris sehari-hari di rumah walaupun hnya beberapa kata dan campur2 sama bahasa indonesia tp itu lumayan membantu selama di sini yg penting mereka berani dulu.
      kl blom bisa bahasa asing g masalah anak keduaku blom bisa sama sekali, awal masuk sekolah dia cuma diem, bermodal listening aj hehe, tapi kita di rumah tetep berusaha komunikasi dgn bhs asing, setiap di ajak ngomong dia selalu tanya, maksudnya? hihi
      skrg dah mulai bnyak kosakatanya dan sudah bs ngomong bhs inggris juga, paling suka kl dia ngomong "owh my godness" hehe local accentnya anak2 dapet banget. walaupun blom selancar si kakak tp perkembangan bahasanya cepat sekali. karena kl kakaknya selalu baca buku dan setiap pulang sekolah dia tnya arti kosakata yg di obrolin di sekolah atau yg di jelasin guruny.

      Delete
  3. terima kasih mba utk doanya...
    wah dari awal belajar ngomong sudah diajari bahasa asing berarti ya... dan ortunya harus konsisten juga, baiklaah, pelajaran bgt buat aku nih mba, makasih banyak ya. ayo mba di post dlm 1 cerita how to teach foreign languagenya ke anak2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di awal kita hanya mengenalkan lewat buku cerita yg kemudian kita translate ke bhsa indonesia mba, itupun stlah mereka sempurna bahasa indonesianya, karena di khawatirkan kl bhsa indonesianya blom sempurna dan kita g konsisten, dalam artian mengajarkan bhs asing tp org2 di sekitar si ank tdk berbahasa asing, anak jd bingung dan akibatnya bs speech delay.

      Good Idea mba tia, udah masuk list tp msh mau interview beberapa temen juga, mngkin nnt salah satunya mba tia hihi

      Delete
  4. Aufa hebat yaa...hari pertamanya menyenangkan...good boy...

    ReplyDelete
  5. Iya Alhamdulillah, pa lagi skrg tambah betah :)

    ReplyDelete
  6. Salam kenal mbak. Seneng bgt baca blognya. Jd pingin kenal & tanya2 niy, krn rencana suami mau lanjut studi disana, skrg lg proses aplikasinya. Pilihan antara edinburgh or Glasgow.mau bawa anak2 jg mbak. Boleh sharing gmn Cara dpt tmpt tgl y mbak, daftar sekolah untuk anak 6 thn & 4 thn perlu dokumen dari Indonesia Kah? Biaya hidup disana gmn y mbak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba dian,
      Untuk tempat tinggal di edinburgh sendiri agak susah nyari flatnya, apalagi kl berbarengan dengan penerimaan mahasiswa baru, dlu suami baru dapet flat setelah 2 blan. tapi bisa di siasati, suami mba bisa book flat klrg mahasiswa indo yg dh mau selesai, karena yg s2 rata-rata hanya 1 th, di edinburgh sendiri bbrp klrg bkal selsai taon ini, dan bisa mnt surat rekomendassi jg dr mereka itu lbh gampang. kl mba butuh bantuan nnt bsa kontak kami, dengan senang hati in sya Allah sebisa mngkin kami bantu kontak tmn-tmn yg dh mau selesai taon ini.
      dftr sekolah ank2 nggak ribet, hanya butuh passport, bill gas sbgai bukti bahwa kita tgl d sktar sklah, paling lama prosesnya 1 minggu, sekolah di sesuaikan umur kl di sini 5th masuk klas I. kl yg 4th masuk nursery, persyaratannya sama.
      Siapin riwayat imunisasi unt anak krn akan ada kunjungan dr staff kesehatan ke rumah, itu di pake untuk nerusin imunisasi di sini.
      Untuk biaya hidup krn Edinburgh kota wisata biaya hidupnya lbh mahal dr Glasgow.

      Delete
  7. Alhamdulillah senang bgt bisa tambah teman, rencana mbak Leli disana sampai kpn? Saya boleh add mbak di Facebook y biar bisa komunikasi & tanya2

    ReplyDelete
    Replies
    1. in sya Allah sampe 2017 mba,dah ta accept y :)

      Delete
  8. Alhamdulillah senang bgt bisa tambah teman, rencana mbak Leli disana sampai kpn? Saya boleh add mbak di Facebook y biar bisa komunikasi & tanya2

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah senang bgt bisa tambah teman, rencana mbak Leli disana sampai kpn? Saya boleh add mbak di Facebook y biar bisa komunikasi & tanya2

    ReplyDelete
  10. Halo mba Leli, saya rencana September ini mulai kul di UoE dan keluarga akan menyusul. Informasi ttg flat mahasiswa indo yang mau selesai dpt dr mn ya? Kalau boleh tau mba Leli tinggal di daerah mana dan Aufa skolah dmn? Karena sy sempat baca blog lain infonya menunggu school placement sampai 4 bulan, trims.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, sudah dapat tempat tinggal di Edinburgh? Ini sy dan keluarga jg sedang nyari. Kalau mbak punya informasi sy mohon dibagi ya, terimakasih.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

His Journey Is On Another Level

Prosedur Sekolah Di Ma'had Al Azhar Kairo