Asem-asem Oh Asem-asem

Pagi-pagi suami tanya : " yank mau masak apa pagi ini? mama kan punya daging ".
Oke berarti requestnya menu daging.
" ta masakin asem-asem ya ". Jawab saya.
" tau kan asem-asem? ". Saya tanya ke suami.
" yang rasanya asem-asem kan? ". Jawabnya.
Hahaha.. whatever, okelah kita masak asem-asem hari ini.

Setelah nganter anak lanang sekolah, sampai rumah suami pun langsung menikmati si asem-asem, habis 1 mangkok, " enak euy " itu komentar suami, dia berlalu ke dapur dan nambah 1 mangkok lagi.
Saya mulai curiga dari ekspresi dia menikmati si asem-asem sepertinya ini pertama kali dia makan asem-asem.
Saya bertanya untuk meyakinkan " jangan-jangan baru kali ini ya makan asem-asem ". 
" Iya ". Jawab suami sambil tertawa lepas " hahahaha ".
Owalaah, jadi tadi itu dia sotoy, hahaha.

Saya pikir karena orang tua suami orang jawa, makanan asem-asem bukan makanan asing buat dia karena saya kenal asem-asem dari orang jawa. Ternyata lahir dan besar di bandung membuat si asem-asem tidak di kenal suami hehe, padahal dia dan keluarganya termasuk penggemar kuliner.

Oke, cerita si asem-asem selesai, sekarang saya mau share resep asem-asem ala saya.




Bahan :
  • 500gr daging, potong dadu.
  • 2 buah wortel, iris serong.
  • 5 buah baby corn (jagung putren), iris serong.
  • 10 buah buncis, 1 buncis potong menjadi 3 bagian.
  • 1 batang daun bawang, iris tipis.
  • 1 batang serai, ambil bagian bawahnya saja, geprek.
  • 2 cm laos, geprek.
  • 2 cm jahe, geprek.
  • 2 cm kunyit, geprek.
  • 3 sdm air asem.
  • 2 lembar daun jeruk.
  • 1 buah tomat.
  • 2 lembar daun salam, ini saya skip karena di edinburgh g ada daun salam
  • 4 buah belimbing waluh atau bisa di ganti 2sdm air jeruk nipis.
  • 1sdt merica. 
  • 2sdt kaldu ayam bubuk homemade.
  • 4sdm kecap manis.
  • 2sdm gula merah.
  • 1sdm kecap asin.
  • 1sdm garam.
  • 1sdt gula pasir.
  • 3 buah cabe hijau besar, iris serong.
  • 3 buah cabe merah besar, iris serong.
  • cabe rawit utuh sesuai selera.
  • 1500 ml air.
  • minyak untuk menumis.
Bumbu halus :
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
Cara membuat asem-asem :
  • Rebus daging sapi, tambahkan air asem, serai, jahe, kunyit, daun jeruk, daun salam dan masak sampai daging empuk.
  • Tumis bumbu halus sampai harum.
  • Masukkan bumbu halus kedalam rebusan daging.
  • Masukkan sayur-sayuran mulai dari yang lebih keras dahulu.
  • Tambahkan bumbu-bumbu yang lain kecuali cabe dan tomat.
  • Setelah sayuran empuk masukkan tomat. 
  • Tes rasa sesi pertama untuk anak-anak.
  • Setelah asem-asem saya sisihkan untuk anak-anak baru saya masukkan cabe.
  • Tes rasa lagi, kemudian angkat dan asem-asem siap di hidangkan.
*Note untuk yang mau masak asem-asem tapi belum pernah makan asem-asem sebelumnya, rasa asem-asem kombinasi manis, asem, pedas dan gurih.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Assalammu'alaikum, wah enaknya berkunjung kemari... dapat suguhan asem asem daging... patut dicoba resepnya

    ReplyDelete
  3. Waalaikumsalam, hi mak fika..
    rasonyo dak jauh2 dari pindang tulang, tp tetep pindang tulang tula yg paling lemak hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

His Journey Is On Another Level

Prosedur Sekolah Di Ma'had Al Azhar Kairo

Pengalaman hari pertama sekolah kakak Aufa di Edinburgh, United Kingdom