Bumbu Penyedap Simple Ala Emak-emak Jadul

Banyak kontroversi tentang mecin, ada yang bilang nggak baik untuk kesehatan, ada yang bilang mengurangi kecerdasan, whatever, kalo saya pribadi memilih untuk tidak menggunakan mecin karena saya dan anak pertama saya alergi mecin, tenggorokan kaya ada sensornya, kalo abis makan makanan yang pake mecin mesti tenggorokan sakit, kalau si kakak lebih parah, kl makan makanan yang pake mecin, siap-siap badannya bakal anget.

Lalu, mecin atau vetsin sama nggak sih sama penyedap rasa?. Mecin dan penyedap rasa jelas berbeda, mecin adalah bumbu penguat rasa yang terbuat dari bahan kimia, sedangkan penyedap rasa adalah kaldu yang di ekstrak menjadi bubuk. 

Setelah memahami perbedaan mecin dan penyedap rasa, sekarang saya akan share bumbu penyedap super simple yang tadi baru saya buat.

100 gram menghasilkan 1 toples kecil

Bahan:

100 gram ebi kering.
Garam secukupnya (optional).

Cara membuat:

Sebelum mengolah bumbu penyedap ini, sebaiknya di rasakan dulu ebi yang kita beli sudah asin atau belum, kalau ebi sudah terasa asin kita nggak perlu memakai garam, garam di gunakan jika ebi yang kita beli belum terasa asin.

- Sangrai ebi dengan api kecil kurang lebih 15-20 menit, kemudian dinginkan.
- Blender ebi dengan blender kecil yang biasa di pakai untuk merica dan ketumbar, jika ebi belum terasa asin kita bisa menambahkan garam secukupnya sebelum ebi di blender.
- Masukkan ebi yang sudah di blender ke dalam toples kecil.

Selesai..., simple kan, ini andalan banget buat masak tumisan atau pun kuah-kuahan, kalau yang pernah makan pempek, ebi ini biasa di pakai untuk taburan cuko (kuah hitam pempek).

Selamat mencoba..
Jika bisa membuat penyedap yang simple, kenapa harus beli.. 
Fight.. please keep your health for u and your family.




Comments

  1. Replies
    1. ayo di praktekin kak, mumpung blom ada yg nimbrung ngerecokin dapur hihi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

His Journey Is On Another Level

Prosedur Sekolah Di Ma'had Al Azhar Kairo

Pengalaman hari pertama sekolah kakak Aufa di Edinburgh, United Kingdom