Exploring Central Celebes Part II

Welcome..
So, ini kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya, "Exploring Central Celebes Part I" bisa kalian cek di link ini http://leli-jamal.blogspot.com/2022/04/exploring-central-celebes-part-i.html, provinsi di mana kami pernah tinggal kurang lebih selama dua tahun, terhitung sejak suami berangkat ke kota Palu pada bulan September 2018 sampai oktober 2020, tepat ketika suami mendapat SK mutasi ke Bengkulu.

Mencoba kembali menulis yang sudah terlewat, agar kelak bisa dibaca anak-anak untuk kembali dikenang. Khususnya si bungsu yang kala itu usianya masih di bawah dua tahun. Dan inilah beberapa tempat lain yang pernah kami jelajahi selama kami di Sulawesi Tengah.

4. Pantai Kaluku

Pantai Kaluku terletak di desa Limboro kabupaten Donggala, dari kota Palu bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor atau mobil, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 13 menit. Pantai Tanjung Karang, pantai Kaluku dan pantai Pusat Laut berada di garis pantai yang sama, jadi jaraknya tidak terlalu jauh, terutama pantai kaluku dan pusat laut, kita bisa mengunjungi dua pantai tersebut dalam satu hari.
Di akhir pekan, pantai ini akan ramai dikunjungi para pengunjung baik dari Palu atau daerah terdekat, namun tidak seramai pantai pusat laut atau pantai tanjung karang. Pantai dengan pasir putih ini pun sering di jadikan tempat camping di akhir pekan, kami juga pernah camping di pantai ini.

5. Pantai Boneoge

Pantai boneoge terletak di desa Boneoge kabupaten Donggala, pantai ini juga berada di garis pantai yang sama seperti pantai Tanjung karang, hanya saja Pantai Boneoge lebih panjang dari pada pantai Tanjung Karang. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya, tidak sedikit wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menikmati pemandangan matahari saat terbenam.
Di pantai ini juga terdapat kampung nelayan, saat kami berkunjung ke sana, kami juga sempat melihat para nelayan yang baru kembali dari melaut. Namun sayangnya ketika kami ke sana, pantai ini terlihat kotor di banding pantai-pantai lain yang pernah kami kunjungi di Sulawesi Tengah. Namun anak-anak tetap senang bermain di sini walaupun hanya sebentar, karena kurang nyaman dengan keadaan pantai yang kotor, kami memutuskan untuk pergi ke pantai tanjung karang saja.

6. Pantai Bambarano

Pantai Bambarano di kenal dengan surga yang tersembunyi, pantai berpasir putih dengan tebing yang tinggi dan juga air yang jernih melengkapi keindahan pantai ini. Pantai yang juga terletak di kabupaten Donggala ini, tidak berada di garis pantai yang sama dengan pantai-pantai sebelumnya, jika pantai-pantai sebelumnya hanya ditempuh dengan waktu tempuh sekitar 1 jam-an, pantai ini dari kota Palu memakan waktu tempuh sekitar 3 jam-an.
Kami berangkat dari kota Palu menjelang ashar, dan sampai di pantai Bambarano waktu shalat maghrib, di perjalanan yang sudah tidak jauh dari pantai Bambarano, kami sempat mampir sejenak untuk menyaksikan matahari terbenam yang terlihat sangat indah di hari itu.

Di pantai ini, kami mendirikan tenda dan menginap bersama beberapa teman kantor yang kami ajak untuk mencoba berkemah di alam, walaupun itu kali pertama mereka berkemah, mereka dan anak-anak nampak menikmatinya, anak-anak kami bermain dan berenang bersama, mereka terlihat sangat menikmati permainan mereka kala itu, di malam hari mereka asyik menangkap keong laut atau kelomang, sementara kami masak-masak untuk makan malam.

Di pagi hari, beberapa teman kantor yang lain juga menyusul ke pantai bambarano untuk menikmati keindahan pantai ini, kami snorkeling bareng dan menyewa perahu ke mata air tawar yang langsung mengalir ke laut. Siang hari, kami memutuskan untuk kembali ke kota Palu, liburan weekend kala itu menyenangkan, MasyaAllah.
Jelajah pantai-pantai selama kami di Palu cukup sampai di sini, kita lanjut jelajah wisata alam lain di "Exploring Central Celebes Part III", see you.. 😉.

Popular posts from this blog