Membangun Rumah yang Abadi di Surga

Masih mengkaji tafsir juz 13 di temani segelas teh hangat dan roti coklat. Saya menemukan beberapa ayat yang begitu indah, dalam beberapa ayat ini Allah menjanjikan rumah yang abadi bagi mereka di akhirat. Rumah yang indah yang bisa mereka tempati bersama keluarga serta anak keturunan mereka. Siapakah mereka? Apakah kita termasuk salah satu dari mereka?


Berikut orang-orang yang di janjikan Allah rumah yang abadi di akhirat, semoga bisa menjadi panduan bagi kita, agar kita dapat mebangun rumah abadi tersebut, dan berada di sana bersama keluarga serta anak keturunan kita.

الَّذِينَ    يُوفُونَ    بِعَهْدِ    اللَّهِ    وَلَا    يَنقُضُونَ    الْمِيثٰقَ    ﴿الرعد:٢۰﴾
(yaitu) orang yang memenuhi janji Allah dan tidak melanggar perjanjian,
وَالَّذِينَ    يَصِلُونَ    مَآ    أَمَرَ    اللَّهُ    بِهِۦٓ    أَن    يُوصَلَ    وَيَخْشَوْنَ    رَبَّهُمْ    وَيَخَافُونَ    سُوٓءَ    الْحِسَابِ    ﴿الرعد:٢١﴾
dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.
وَالَّذِينَ    صَبَرُوا۟    ابْتِغَآءَ    وَجْهِ    رَبِّهِمْ    وَأَقَامُوا۟    الصَّلَوٰةَ    وَأَنفَقُوا۟    مِمَّا    رَزَقْنٰهُمْ    سِرًّا    وَعَلَانِيَةً    وَيَدْرَءُونَ    بِالْحَسَنَةِ    السَّيِّئَةَ    أُو۟لٰٓئِكَ    لَهُمْ    عُقْبَى    الدَّارِ    ﴿الرعد:٢٢﴾
Dan orang yang sabar karena mengharap keridaan Tuhannya, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan ke-pada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),
جَنّٰتُ    عَدْنٍ    يَدْخُلُونَهَا    وَمَن    صَلَحَ    مِنْ    ءَابَآئِهِمْ    وَأَزْوٰجِهِمْ    وَذُرِّيّٰتِهِمْ    ۖ    وَالْمَلٰٓئِكَةُ    يَدْخُلُونَ    عَلَيْهِم    مِّن    كُلِّ    بَابٍ    ﴿الرعد:٢٣﴾
(yaitu) surga-surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya bersama dengan orang yang saleh dari nenek moyangnya, pasangan-pasangannya dan anak cucunya, sedangkan para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;
سَلٰمٌ    عَلَيْكُم    بِمَا    صَبَرْتُمْ    ۚ    فَنِعْمَ    عُقْبَى    الدَّارِ    ﴿الرعد:٢٤﴾
(sambil mengucapkan), “Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu.” Maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu.

  • الَّذِينَ    يُوفُونَ    بِعَهْدِ    اللَّهِ    وَلَا    يَنقُضُونَ    الْمِيثٰقَ
" (yaitu) orang-orang yang memenuhi perjanjian Allah dan tidak merusak perjanjian. Ar-ra'd:20."
Mereka tidak sama dengan orang munafik yang apabila seseorang di antara mereka melakukan perjanjian, di langgarnya, apabila bersengketa, curang, apabila berbicara dusta dan apabila di percaya dia khianat.

  • وَالَّذِينَ    يَصِلُونَ    مَآ    أَمَرَ    اللَّهُ    بِهِۦٓ    أَن    يُوصَلَ
" dan mereka yang menghubungka apa-apa yang oleh perintahkan supaya di hubungkan. Ar-ra'd:21 "
seperti silatuhahim, berbuat baik kepada kaum kerabat dan sanak famili, juga fakir miskin serta orang-orang yang membutuhkan.

  • وَيَخْشَوْنَ    رَبَّهُمْ 
" dan mereka takut kepada tuhannya. Ar-ra'd:21 "
Setiap melakukan pekerjaan mereka selalu merasa dalam pengawasan Allah dan mereka takut akan hisab yang buruk di akhirat nanti, dan mereka pun menjauhkan diri dari segela perbuatan keji.

  • وَالَّذِينَ    صَبَرُوا۟    ابْتِغَآءَ    وَجْهِ    رَبِّهِمْ 
" Dan orang-orangyang sabar karena mencari keridhaan Rabbnya. Ar-ra'd:22 "
Yaitu sabar terhadap hal-hal yang di haramkan dan dosa-dosa. Mereka memutuskan diri dari perbuatan tersebut karena mengharapkan ridho Allah dan pahala-Nya yang berlimpah.

  • وَأَقَامُوا۟ الصَّلَوٰةَ
" Mendirikan shalat. Ar-ra'd:22 "
Dengan memelihara batasan-batasannya, waktu-waktunya, rukuk, sujud, khusuknya sesuai dengan apa yang di anjurkan  oleh syari'at.
  • وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ 
" Dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka. Ar-ra'd 22 "
Artinya, mereka memberikan sebagian dari apa yang telah kami berikan kepada mereka, kepada orang-orang yang wajib mereka biayai, yaitu, anak, istri, dan kaum kerabat; mereka juga memberi orang lain dari kalangan kaum fakir miskin dan orang-orang yang memerlukan bantuannya.
  • سِرًّا وَعَلَانِيَةً
" Secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan. Ar-ra'd 22 "
Yakni menginfaqkan hartanya baik secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan; tiada suatu keadaan pun yang menghambat mereka untuk menginfaqkannya, baik di malam ataupun siang hari.
  • وَيَدْرَءُونَ    بِالْحَسَنَةِ    السَّيِّئَةَ
" Serta menolak kejahatan dengan kebaikan. Ar-ra'd 22 "
Maksudnya mereka membalas perbuatan jahat dengan perbuatan baik. Untuk itu, apabila seseorang menyakiti mereka, maka mereka membalasnya dengan kebaikan. Makna ayat ini sama seperti apa yang di sebutkan dalam surat fussilat ayat 34

{ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَميمٌ }

" tolaklah ( kejahatan itu ) dengan yang lebih baik, sehingga apabila diantara kamu dan diantanya terdapat permusuhan maka dia akan menjadi teman yang setia "

Semoga ayat-ayat ini bisa jadi pengingat dan menyemangat bagi semua pembaca dan bagi saya dan keluarga kecil kami khususnya.

Referensi : Tafsir ibnu katsir

Comments

Popular posts from this blog

His Journey Is On Another Level

Prosedur Sekolah Di Ma'had Al Azhar Kairo

Pengalaman hari pertama sekolah kakak Aufa di Edinburgh, United Kingdom