Napak Tilas Kota Jogja Dengan Personel Lengkap

Alhamdulillah liburan sekolah tahun ini beriringan dengan libur idul adha, jadi liburannya lumayan panjang. Kami sudah menyusun rencana liburan untuk kembali ke Jogja, karena di awal tahun kemarin, kami liburan ke Jogja tanpa anak sulung.

Qodarullah seminggu menjelang idul Adha anak lanang bungsu panas tinggi, sudah dibawa ke dokter namun tidak ada perubahan, dikarenakan sudah panas tinggi nyaris 1 minggu, di hari sabtu kami memutuskan untuk kembali membawanya ke dokter, kami kemudian dirujuk ke Rumah Sakit terdekat dan si bungsu kami pun harus dirawat, diaknosa dokter terkena campak, Alhamdulillaah H-2 idul adha anak lanang diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit.

Selasa, 27 Juni 2023

Pulang dari Rumah Sakit kami tidak langsung pulang ke rumah, pak suami memutuskan untuk mengajak saya dan anak lanang ke hotel Holiday Inn Jakarta terlebih dahulu, menyusul kedua anak kami yang sudah terlebih dahulu diboyong kesana sehari sebelumnya. Beliau berdalih, jika kami dibawa pulang ke rumah, saya pasti akan sibuk beresin rumah yang sudah ditinggal beberapa hari, sedangkan sudah beberapa hari saya dan suami kurang tidur. Betul saja, sampai di hotel, suami, saya dan si bungsu tidur seharian, hanya bangun untuk shalat dan makan, bahkan di malam harinya pun kami tidur lebih awal, kami seakan membayar kurangnya waktu tidur selama di Rumah Sakit.

Rabu, 28 Juni 2023

Kami kembali ke rumah untuk membersihkan rumah serta menyiapkan pakaian untuk libur Idul Adha di Bandung, lanjut Ke Jogja dan Solo. Sore hari menjelang maghrib kami berangkat ke Bandung, Alhamdulillah kondisi si bungsu berangsur pulih, nafsu makannya pun meningkat. Alhamdulillah, Idul adha kali ini bisa berkumpul dengan keluarga di Bandung. Di hari pertama, khas dengan menu opor, sambal ati dan tahu acar, kemudian keesokan harinya setelah mendapat daging kurban, kami baru mulai bakar-bakar sate.

Sabtu 1 Juli 2023

Tepat setelah shalat subuh, kami berangkat menuju Jogja, liburan kali ini Alhamdulillah dengan personel lengkap, sebelum memutuskan untuk berangkat ke Jogja kami tentu mempertimbangkan terlebih dahulu kondisi si bungsu, dengan nafsu makannya yang meningkat, tubuhnya pun terlihat semakin segar, namun lucunya paska pulih dari sakit, anak lanang ini terus-terusan minta menu makan udon dan bebek, di Jogja pun dia selalu makan dengan lauk bebek 😅. Liburan napak tilas kali ini juga diselingi dengan menghadiri pernikahan sepupu pak suami, yang mana saya diamanahi selaku pembaca ayat suci Al-Qur'an di acara tersebut.

Dalam perjalanan ke Jogja, kami sempat mampir di Boyolali untuk sekedar istirahat dan menikmati kuliner sotonya yang segar. Kami sampai Jogja di sore hari, istirahat sejenak, kemudian di malam hari, dilanjutkan dengan kulineran malam di Spesial Sambal, tempat ini adalah salah satu tempat makan yang wajib kami kunjungi ketika ke Jogja, hanya sekedar untuk napak tilas di salah satu tempat makan yang sering kami kunjungi ketika kami tinggal di Jogja. Setelah makan malam, kami menikmati malam minggu di area Malioboro, dan keesokan harinya kami mengunjungi Masjid Kampus UGM, serta berkeliling sejenak, sekedar napak tilas kenangan di tahun 2008-2010 saat suami menyelesaikan kuliahnya di  UGM.

Makan siang di Soto Boyolali Hj Fathimah

Makan malam di Special Sambal

Masjid Kampus UGM

Menjelang waktu makan siang, kami menyusuri jalan kaliurang, menikmati makan siang di Kopi Klotok dengan view pinggiran sawah. Tempat makan yang saat ini sedang viral, menu rumahan yang sederhana nan murah meriah, mungkin suasananya juga yang menjadikan tempat ini viral dan banyak dikunjungi orang perkotaan yang sedang berlibur ke Jogja, suasana khas persawahan mampu menghilang stres dan menciptakan ketenangan.

Menu Kopi Klotok, selain ini ada aneka minuman kopi, es teh lengkap dengan pisang goreng

Menikmati makan dengan view persawahan

Setelah makan siang kami kembali menyisir jalan kaliurang, kali ini kami mampir ke rumah bude pemilik kontrakan tempat kami tinggal ketika di Jogja. Menjelang sore, kami kembali ke penginapan untuk istirahat sejenak, dan di sore hari kami berburu oleh-oleh di Malioboro.

Senin pagi kami menjemput enjid dan jiddahnya anak-anak di statiun wates kemudian dilanjutkan menghadiri pernikahan sepupu pak suami. Ketika kebanyakan orang makan siang di acara pernikahan, berbeda dengan kami di hari itu, anak-anak sudah mulai merasa bosan, kami pun mengajak mereka meninggalkan acara pernikahan sejenak, mencari suasana berbeda sembari makan siang di tepian sawah.

Makan siang di tepi sawah

Setelah makan siang, kami kembali ke lokasi pernikahan untuk menjemput enjid dan jiddahnya anak-anak untuk istirahat di penginapan kami. Malam hari, kami mengajak enjid dan jiddahnya anak-anak untuk makan malam di angkringan sembari menikmati kopi jos (kopi yang dicemplungin areng di dalam gelasnya).

Keesookan harinya kami bersiap check out dari penginapan untuk melanjutkan perjalanan ke Solo, menengok uyutnya anak-anak. Untuk para pembaca yang juga ingin berlibur ke Jogja, kami merekomendasikan cluster penginapan yang kami tinggali beberapa hari ini, tempatnya nyaman, lahan parkir luas dan dilengkapi dengan kompor dan alat-alat makan, cluster 2 tingkat dengan 2 kamar tidur di lantai 2, dan dilantai 1 terdapat living room, dapur dan kamar mandi. Penginapan ini terdiri dari 5 cluster. Teman-teman bisa cek wisma Tyasha Jogja.

Credit to Amarta Cluster

Sebelum mengantar Enjid dan jiddahnya anak-anak serta mengunjungi mbah uyut di Solo, kami menyempatkan mampir sarapan di Gudeg Campur Sari, Batas Kota. Saya bukan pecinta gudeg, namun ketika awal tahun lalu tidak sengaja sarapan disini, langsung jatuh cinta dengan rasa gudegnya. Saat itu kami itu males sarapan di hotel, suami pengen sarapan gudeg terdekat dari hotel, karena saat itu kami menginap di hotel Grand Mercure Jogja, ketemulah gudeg ini yang berlokasi tepat di depan hotel. Untuk saat ini, ini satu2nya gudeg yang masuk di lidah saya 😄, dan ternyata kata enjidnya anak-anak ini salah satu gudeg legend.

kami sarapan jam 7, namuun sudah banyak menu yang habis

Kami sampai Solo ba'da dzuhur, istirahat sejenak, kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Bekasi setelah Shalat Maghrib. Napak tilas Jogja kali ini di penuhi dengan wisata kuliner, di Solo pun kami sempat maksi mie ayam Ndeso 😂.

Alhamdulillaah liburan telah usai, mari kembali mengerjakan tugas kuliah dan menyelesaikan administrasi mengajar di sekolah, Fighting...

Popular posts from this blog